Sunday 10 January 2010

Sastra Pranikah

rating: *****
I own this book


Judul Buku: Sastra Pranikah

Penulis: Nyi Vinon

Penerbit: Daun Buku

Tebal: 400 halaman



click on the picture to enlarge

Buku autobiografi Nyi Vinon komprehensif dan berkarakter. Petualangan jiwa, raga, rasa dan pikir Nyi Vinon dipaparkan tidak sebagai 'Saya' dengan kronologis peristiwa atau berupa memoar tetapi dirangkum secara komprehensif sebagai 'Saya' dan 'Kepercayaan', 'Hubungan', 'Kehidupan', 'Etos Kerja', 'Favorit', 'Politik', 'Karya'. Rangkaian kejadian (setting Cirebon, Bandung, Bali, Sumatera Barat dan New South Wales-Australia) tak hanya dituturkan namun disertai kajian atau telaah serta pengungkapan berani cara pandang dan pemikiran kritis Nyi Vinon; hal ini membuat buku ini berkarakter. Kejadian atau peristiwa yang tidak bersusun dibumbui gaya bahasa 'mbalelo/tidak biasa dan lucu' justru merupakan kejutan-kejutan yang menuntun rasa penasaran saya hingga akhir. Misalnya, pada saat saya membaca bab 'Kepercayaan', saya dibuat penasaran kejadian-kejadian apa saja yang terkait serta celoteh 'mbalelo' apa yang bakalan muncul menyegarkan, analisis dan cara pandang Nyi Vinon apa serta menurut saya sendiri bagaimana. Saya terbawa ikut berpikir, terdorong aktif namun sekaligus disuguhi cerita lucu atau celoteh segar. Saya seolah tengah duduk di tepi pantai, menikmati pemandangan, kadang berpikir seluas lautan tak berujung dan memperoleh kesejukan dari semilir angin dan deburan ombaknya atau mendapatkan pasir-pasir dari percikan ombaknya. This book is more than an autobiography, you read it and got to think, afterall you got many things: valuables and pleasures in the same time. Sebagai Sastra Pranikah, tentu saya juga penasaran siapa pacar Nyi Vinon yang hanya disebut 'pacar' di buku ini dan apakah 'pacar' ini yang akan menikah dengan Nyi Vinon, entahlah.. Nyi Vinon mengakhiri buku ini dengan Nyi Vinon mengakhiri buku ini dengan 'Dengan siapa saya menikah nanti?', kita tunggu saja jawabannya di Buku 2 Nyi Vinon (belum terbit).

Buku 'Sastra Pranikah' Kini hadir di Toko Buku Gramedia di Jabodetabek.

Become Fans Buku Nyi Vinon - Sastra Pranikah di:
http://www.facebook.com/pages/Nyi-Vinon-Sastra-Pranikah/109255501799?ref=mf

No comments: